3 Cara Utama Membedakan Mana Obat Palsu Dan Asli

2 Nov

3 Cara Utama Membedakan Mana Obat Palsu Dan Asli

Anda mungkin cenderung membeli obat ke warung atau apotik terdekat ketika diserang sakit. Tapi justru produk yang anda dapatkan tidak tahu apakah sah atau tidak. Nah, beruntung 3 cara utama membedakan mana obat palsu dan asli diuraikan sejelas-jelasnya disini.

Siapapun tentu merasa panik ketika mendengar hal mengejutkan seperti maraknya pemalsuan obat. Pasalnya, bukan mendatangkan kesembuhan melainkan pengaruh buruk terhadap kondisi tubuh. Oleh karenanya sebagai konsumen diharapkan bertindak cerdas dan jeli memilih obat yang mau dikonsumsi.

3 Cara Utama Membedakan Mana Obat Palsu Dan Asli

Usaha guna memastikan apakah yang didapat memang benar tidaknya hanya bisa ditemukan lewat teknik uji laboratorium. Sebab bagaimanapun masyarakat awam kesulitan menelusurinya. Dra. Eka Purnamasari, Apt. MKM, Kasub Direktorat Inspeksi, Sertifikasi, Distribusi Produk Terapetik Badan POM memaparkan minimalnya kenali terlebih dulu ciri berikut agar menjadi pedoman:

  1. Cek rincian informasi diantaranya merk dagang, aturan pemakaian, label izin edar, tanggal kadaluarsa dan lainnya. Pada intinya tidak selengkap asli.
  2. Tinjau tampilan fisik entah itu berupa logo, warna, yang terkadang mampu dimanipulasi dengan mudahnya.
  3. Buka kemasan luar lalu perhatikan obat tersebut. Tanda kurang mirip obat kebanyakan tidak diragukan. Contoh konkrit ialah cetakan huruf yang terukir pada kaplet, pil menunjukkan kelainan dibanding yang lazimnya.

Jangan mudah tertipu apalagi kalau fungsi dari obat terbilang rendah kualitasnya. Masih menyebar luasnya obat palsu yang dijual bebas adalah peran oknum tidak bertanggung jawab yang sekadar mementingkan keuntungan semata tanpa mempedulikan keselamatan pasien. Jadi, ingat! Harus selalu berhati-hati dibarengi sikap bijak agar tidak merugikan diri sendiri.

Baca tautan sama: Bahaya Obat Palsu Yang Tidak Disadari Dan Penyelamatan

Berbicara keaslian, pihak perusahaan resmi sengaja mempercayakan pemasaran ke Agen / Distributor terkait demi kelancaran dan kenyamanan masyarakat. Kami Toko Acep selaku satu-satunya bagian yang diberi wewenang langsung produsen pembuat obat artinya tidak mengizinkan barang dalam kategori apapun yang mereka hasilkan lantas ditiru sedemikian rupa seperti yang sudah beredar di pasar.

Selain itu karena sistem tunggal yang diterapkan, maka harga yang ditawarkan pun jauh lebih murah. Namun bukan berarti kualitasnya rendah, setiap produk yang tersedia memiliki pengesahan baik BPOM, DEPKES juga pengakuan HALAL Majelis Ulama Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *