Hindari 4 Jenis Makanan Ini Bagi Ibu Hamil Sewaktu Sahur

17 Jun

Hindari 4 Jenis Makanan Ini Bagi Ibu Hamil Sewaktu Sahur

Hindari 4 Jenis Makanan Ini Bagi Ibu Hamil Sewaktu Sahur agar kondisi kesehatan janin dan ibu hamil tetap prima. Puasa di Bulan Ramadhan termasuk ibadah yang datangnya setahun sekali, sehingga banyak orang tidak menyia-nyiakan kesempatan begitupun dengan ibu hamil.

Hindari 4 Jenis Makanan Ini Bagi Ibu Hamil Sewaktu Sahur

Namun, bolehkah ibu hamil menjalani puasa? Memang siapa saja tidak dilarang, hanya perlu menjadi perhatian khusus yaitu menu asupan untuk dikonsumsi sahur juga berbuka nanti.

Jangan asal enak di lidah, kebutuhan gizinyapun layak dipenuhi sebaik mungkin. Pasalnya keliru mengonsumsi berpeluang mengganggu terhadap perkembangan janin bahkan mengancam nyawa dalam jangka panjang.

Hindari 4 Jenis Makanan Ini Bagi Ibu Hamil Sewaktu Sahur

Pahami kategorinya, Beberapa Daftar Makanan dimaksud berdasarkan alasan asal dari bahan makanan lalu tentang bagaimana proses pengolahan yang benar.

 

⇒ Buah dan sayuran yang tidak dicuci

Kurangilah segala risiko yang ada, dengan memastikan memasak matang makanan yang ada. Oleh karena itu, sebaiknya Anda harus menghindari mengonsumsi salad dalam kemasan saat sahur. Cucilah semua buah dan sayur yang akan dikonsumsi untuk mengeliminasi bakteri dan parasit berbahaya (listeria dan toksoplasma). Hal ini bukan tak mungkin bakteri dan kuman menempel di makanan dan akhirnya mempengaruhi kehamilan Anda.

⇒ Kelebihan Kalori

Anda harus disiplin dalam mengatur pola makan saat berpuasa, termasuk dalam mengatur asupan kalori. Ketika sedang hamil, Anda memang membutuhkan tambahan kalori akan tetapi dalam jumlah yang cukup dalam porsi yang tepat. Hal ini untuk menghindari masalah obesitas yang akan meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan tinggi atau terkena risiko diabetes. Makanan berkalori lebih adalah makanan ibu hamil saat sahur yang harus dihindari.

⇒ Makanan mentah atau setengah matang

Hindari telur mentah, daging mentah ataupun setengah matang, kerang mentah, sashimi, sushi mentah, dan lain-lain. Makanan ini mungkin saja tercemar bakteri dan parasit. Misalnya, bakteri listeria pada daging unggas mentah yang dapat mengakibatkan keguguran atau janin meninggal dalam kandungan, bakteri salmonella pada makanan laut mentah yang bisa memicu keguguran. Parasit toksoplasma pada sayuran yang ditanam menggunakan pupuk kandang juga akan menyebabkan kelainan janin. Pastikan setiap makanan yang ingin Anda konsumsi memiliki tingkat kematangan yang sudah sempurna. Jadi, usahakan hindari makanan ini saat sahur.

⇒ Makanan laut yang mengandung merkuri

Makanan laut yang mengandung omega-3 memang baik untuk bayi. Namun, Anda juga harus menghindari makanan laut yang berpotensi mengandung merkuri yang tinggi akibat limbah dan hal ini bisa merusak otak bayi. Namun bukan berarti ibu hamil membatasi makan ikan, yang terpenting adalah memilih jenis ikan yang tepat. Oleh karena itu disarankan untuk tidak mengonsumsi ikan hiu, king mackerel, atau kepiting. Ini adalah jenis makanan ibu hamil saat sahur yang sebaiknya dihindari.

Setelah mengetahui pantangan di atas, berikut deretan makanan yang disarankan:

Kacang-kacangan, sayur bayam, telur, biskuit, buah alpukat, brokoli, sawi, kurma, jeruk, anggur, susu serta olahannya, tomat, sereal, air kelapa.

Semoga bermanfaat…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *